Berita

 

Korban Jiwa Berjatuhan di Mesir

Liputan6.com, Kairo: Menteri Kesehatan Mesir Ahmad Sameh Farid mengatakan, satu orang tewas dan ratusan cedera akibat bentrokan hebat di Bundaran Tahrir, Kairo, Kamis (3/2). Bentrokan melibatkan kelompok anti dan pendukung Presiden Hosni Mubarak.

Jumlah korban cedera lebih dari 340 orang. Sebagian dari mereka dibawa ke beberapa rumah sakit terdekat, termasuk di Rumah Sakit Hussein. Syeikh Agung Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Tayeb menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri demi keselamatan bangsa.

Partai oposisi Al-Wafd juga menyerukan pendukungnya untuk menahan diri dan mengutamakan dialog dengan pemerintah. Namun, oposisi utama Mesir, Ikwanul Muslimin, menolak berdialog dengan pemerintah dan mendesak Presiden Mubarak mengundurkan diri dan dibentuk pemerintahan transisi.

Jaringan televisi nasional Mesir berulang-ulang mengumumkan agar Bundaran Tahrir segera dikosongkan karena ada pihak garis keras sedang menuju Tahrir untuk membuat kerusakan. Dalam sepekan terakhir, Bundaran Tahrir dikuasai oleh oposisi. Media pro-pemerintah menyebutkan bahwa oposisi memobilisasi ribuan orang di luar Kairo untuk menginap di Bundaran Tahrir.

Selama sepekan sejak Jumat (28/1), ribuan demonstran anti-Mubarak menguasai Bundaran Tahrir. Pada Rabu para pendukung pemerintah pimpinan Presiden Hosni Mubarak berusaha menyerang oposisi di Bundaran Tahrir dan aksi lempar batu pun tak bisi dihindari.

Para pendukung pemerintah mulai berunjuk rasa Selasa (1/2) dan jumlahnya semakin bertambah pada Rabu pagi. Pada Rabu sekitar pukul 14.00 waktu setempat, pendukung Mubarak bergerak dari gedung stasiun televisi nasional Mesir menuju Tahrir.

Bentrokan hebat pun pecah dan pelemparan batu antara mereka tak terhindarkan lagi. Banyak kalangan memprihatinkan bentrokan itu karena kepolisian tidak lagi berfungsi sejak Jumat lalu.

Polisi menjadi musuh demonstran anti-Mubarak karena dianggap menggunakan kekerasan dalam menghadapi pengunjuk rasa sehingga menewaskan lebih 100 orang. Para polisi diduga kuat memakai pakaian biasa dan bergabung dengan pengunjuk rasa pro-pemerintah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s